Vaksinasi Covid-19 Bagi Dosen dan Karyawan UNIB

SALAM SEHAT ! Dalam rangkaian memperingati Hari Jadi atau Dies Natalis Ke-39 Universitas Bengkulu, salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan panitia dies natalis adalah menggelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama bagi dosen dan karyawan UNIB.

Kepala Biro Umum dan Sumberdaya UNIB Ir. Ahmad Nezar yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 UNIB, menjelaskan, kegiatan vaksinasi covid-19 bagi dosen dan karyawan ini digelar dua tahap, pertama pada hari Kamis tanggal 22 April 2021 di auditorium gedung C dan kedua pada hari Senin dan Selasa tanggal 26-27 April 2021 di Gedung Serba Guna (GSG).

Untuk kegiatan vaksinasi covid-19 di gedung C dilaksanakan atas kerjasama UNIB dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas Perawatan) Beringin Raya diikuti 76 orang dan kegiatan vaksinasi di GSG nanti UNIB bekerjasama dengan Puskesmas Muara Bangkahulu diikuti 250 orang.

“Kita menargetkan seluruh dosen dan karyawan (Tendik PNS dan Non PNS) sebanyak 1500 orang akan menerima vaksin covid-19. Nanti, kegiatan vaksinasi akan dilaksanakan terus-menerus, diushakan 2 kali seminggu, termasuk vaksinasi Tahap Kedua,” ujar Ir. Ahmad Nezar.

Dijelaskan Ir. Ahmad Nezar, pemberian vaksin covid-19 secara gratis bagi dosen dan karyawan ini sebagai bukti komitmen dan konsestensi UNIB mendukung program pemerintah dalam mencegah dan menekan penularan virus corona (Covid-19) khususnya di Provinsi Bengkulu.

“Semoga dengan kegiatan vaksinasi ini akan meningkatkan kekebalan tubuh atau herd immunity bagi pelayan publik di UNIB khususnya bagi dosen dan karyawan, sehingga mampu berkontribusi dalam memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19,” papar Ir. Ahmad Nezar.

Kegiatan pemberian vaksin bagi dosen dan karyawan UNIB di Gedung C dikoordinir oleh Kepala UPTD Puskesmas Perawatan Beringin Raya Kota Bengkulu, dr. Erlina Panca Putri, MA, dengan melibatkan sejumlah dokter dan Tenaga Perawat sebagai Vaksinator Vaksin Covid-19.

Kegiatan ini dipantau langsung oleh Rektor UNIB Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Ak didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Drs. Syahrial, MA, M.Phil. Setiap dosen dan karyawan yang akan menerima vaksin wajib mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, serta menjaga jarak.

Panitia menyiapkan empat meja pelayanan tempat Vaksinator bekerja, meja pertama untuk pendaftaran sekaligus pemeriksaan tensi darah dan suhu tubuh, meja kedua untuk kegiatan screening penyakit bawaan atau kondisi kesehatan dosen dan karyawan dengan cara melakukan wawancara singkat, meja ketiga tempat penyuntikan vaksin dan menja keempat tempat observasi setelah dilakukan vaksinasi covid-19.

Pantauan Tim Humas UNIB, kegiatan vaksinasi di gedung C berjalan tertib dan lancar. Setelah disuntik vaksin dosen dan karyawan disarankan tidak meninggalkan tempat lebih kurang 30 menit untuk mengetahui apakah mengalami gangguan kesehatan sebagai efek samping vaksin covid-19. Namun sejumlah dosen dan karyawan yang sempat ditanya, mengaku tidak merasakan efek samping dan gangguan kesehatan yang berarti. “Aman, tidak merasakan apa-apa kecuali sedikit rasa sakit pada bagian bahu yang disuntik,” ujar salah seorang dosen seraya mengacungkan jempol.[Hms1].