Mendikbudristek Nadiem Makarim Berharap BKS-TM Dukung MBKM

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengharapkan Rapat Kerja Badan Kerjasama Teknik Mesin (BKS-TM) Indonesia tahun 2022 di Universitas Bengkulu dapat menghasilkan program-program kerja yang mampu mendukung dan disinergikan dengan progam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim ketika memberi sambutan secara virtual pada pembukaan Rapat Kerja BKS-TM Indonesia tahun 2022 di UNIB. (foto : inst youtube).

“Saya tunggu ide dan gagasan program dari BKS-TM sebagai upaya kita bersama dalam menguatkan sinergi dan kolaborasi. Dengan semangat gotong royong, mari kita terus bergerak serantak mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ujarnya, ketika memberikan sambutan secara virtual pada acara pembukaan Rapat Kerja BKS-TM Indonesia di ruang rapat utama gedung Rektorat UNIB, Senin (30/5/2022).

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, berdasarkan data pada PDDIKTI hingga saat ini teknik masih menjadi satu dari empat bidang studi yang paling diminiati di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan, karena teknik khususnya teknik mesin memiliki peluang sangat besar untuk menawarkan solusi dalam bidang nyata.

Nadiem yakin banyak riset yang dilakukan sivitas akademika bidang teknik, khususnya teknik mesin. Riset-riset tersebut menghasilkan temuan-temuan inovatif. Namun sayangnya, tidak sedikit inovatif tersebut yang berakhir hanya sebagai dokumen sehingga dampaknya kurang dirasakan masyarakat karena belum diimplementasikan pada kehidupan nyata. Salah satu faktor penyebabnya adalah masih tebalnya sekat-sekat yang memisahkan dunia pendidikan tinggi dengan industri atau masyarakat.

“Sekat-sekat tersebutlah yang sekarang kami coba atasi dengan terobosan-terobosan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Banyak inovasi yang kami inisiasi untuk membongkar sekat-sekat tersebut yang membutuhkan dukungan semua pihak seperti BKS-TM Indonesia,” ucap Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim.

Sekjen BKS-TM Indonesia Prof. Ario Sunar Baskoro ketika menyampaikan sambutan. (foto:hms1)

Sekretaris Jenderal BKS-TM Indonesia, Prof. Dr. Ario Sunar Baskoro, ST, MT, M.Eng mengucapkan terimakasih kepada Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bengkulu yang telah menjadi tuan rumah yang baik dalam melaksanakan agenda Rapat Kerja BKS-TM Indonesia tahun 2022. Apalagi, pada saat bersamaan BKS-TM Indonesia tengah memperingati ulang tahunnya yang ke-20.

Sekjen BKS-TM Indonesia Prof. Airo Sunar Baskoro menyampaikan sambutan. (foto:hms1)

“Organisasi ini didirikan tanggal 29 Mei 2002. Oleh sebab itu, Rapat Kerja BKS-TM di UNIB ini merupakan momentum bersejarah dan kita berharap ke depan organisasi ini mampu menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi, mampu bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak serta semakin adaptif dengan perkembangan zaman untuk menghasilkan sumber daya manusia professional yang mampu berkiprah pada kancah nasional maupun internasional,” ujarnya.

Rektor UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc, mengucapkan selamat ulang tahun ke-20 kepada BKS-TM Indonesia dan selamat melaksanakan Rapat Kerja tahun 2022 di Universitas Bengkulu.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi UNIB dapat memfasilitasi dosen-dosen teknik mesin untuk bermusyawarah menentukan langkah-langkah ke depan dalam membangun dunia pendidikan mesin yang lebih baik. Selamat Ultah ke-20, semoga BKS-TM Indonesia dapat terus berpartisipasi aktif dalam memajukan dunia teknik mesin di Indonesia,” ujarnya.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri menyambut baik diselenggarakannya Rapat Kerja BKS-TM Indonesia di UNIB dan mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-20 kepada BKS-TM Indonesia. (foto:hms1).

Diselenggarakannya Rapat Kerja BKS-TM Indonesia tahun 2022 di Bengkulu ini diharapkan memberikan berkah dan menjadi tonggak sejarah kemajuan organisasi ini ke depan. Sebab, sebagaimana diketahui Bengkulu sejak zaman kemerdekaan merupakan suatu daerah yang memiliki peran besar dalam agenda-agenda nasional, seperti peran penting putri asal Bengkulu yaitu Ibu Fatmawati yang merupakan Ibu Negara Pertama yang menjahit Bendera Merah Putih sebagai Bendera Bangsa Indonesia.

“Demikian juga dengan Rapat Kerja BKS-TM ini, diharapkan menjadi forum bersejarah yang mampu menghasilkan gagasan dan program kerja yang dapat mendorong kemajuan bagi dunia teknik mesin di Indonesia sehingga mampu sejajar dengan bangsa lain di dunia,” ujar Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Ketua Pelaksana Rapat Kerja BKS-TM , Dr. Eng. Dedi Suryadi, menyampaikan laporan. (foto:inst ytb)

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Rapat Kerja BKS-TM Indonesia tahun 2022, Dr. Eng. Dedi Suryadi, ST, MT dari Fakultas Teknik UNIB menjelaskan, tema kegiatan ini adalah “Sinergi Dunia Akademik, Industri dan Pemerintah Dalam Membangun Pendidikan Teknik Mesin Indonesia Masa Depan.”

“Tema ini kita angkat sejalan dengan komitmen BKS-TM dalam mengembangkan industri modern di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, Teknik Mesin tidak hanya menghasilkan tenaga-tenaga kerja professional tapi juga menghasilkan riset-riset yang luarannya dapat bermanfaat dalam membangun industri di Indonesia,” ujarnya.

Dijelaskan, Rapat Kerja BKS-TM Indonesia tahun 2022 diagendakan selama dua hari, 30-31 Mei 2022, dilaksanakan secara gabungan (hybrid) luring dan daring yang terpusat di Universitas Bengkulu. Kegiatan ini diikuti 218 peserta yang berasal dari 147 Perguruan Tinggi se Indonesia, baik dari Perguruan Tinggi yang sudah menjadi anggota tetap (216 PT) maupun Perguruan Tinggi peninjau (21 PT).

Sebelum menggelar rapat kerja yang dibagi dalam tiga sidang pleno, seluruh peserta terlebih dahulu mengikuti paparan dan arahan yang disampaikan oleh tiga keynote speech. Ketiga keynote speech tersebut adalah Direktur Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Prof. Ir. Nizam, M.Sc, DIC, Ph.D, IPU, Asean Eng dan Ketua Komite Eksekutif LAM Teknik Prof. Dr. Ing. Ir. Misri Gozan, M.Tech, IPU, serta Ketua BKM Persatuan Insinyur Indonesia (BKM-PII) Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, Asean Eng.

“Ketiga keynote speech ini akan memberikan arahan kepada kita semua sehingga memudahkan penyusunan program kerja organisasi baik menyangkut akreditasi teknik mesin, tentang kurikulum pembelajaran, maupun tentang penelitian dan pengabdian kepada masayrakat yang dibutuhkan dan harus dilakukan ke depan,” ujar Dr. Eng. Dedi Suryadi.

Penabuhan Dol oleh Sekjen BKS-TM dan Rektor sebagai simbolis pembukaan Rapat Kerja. (foto:hms1/inst)

Pembukaan Rapat Kerja BKS-TM Indonesia 2022 di UNIB dilakukan oleh Sekretaris Jenderal BKS-TM Indonesia Prof. Ario Sunar Baskoro dan Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri didampingi para Wakil Rektor UNIB, Dekan Fakultas Teknik UNIB Faisal Hadi, ST, MT, Ketua Program Studi Teknik Mesin FT UNIB Agus Nuramal, ST, MT dan Ketua Panitia Pelaksana Dr. Eng. Dedi Suryadi, ST, MT. Pembukaan secara simbolis ditandai penabuhan dol yang merupakan alat musik tradisional Bengkulu.[Penulis : Purna Herawan/Humas].