UTBK-SBMPTN di UNIB Lancar dan Tanpa Kecurangan

PELAKSANAAN Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tahun 2022 di Universitas Bengkulu (UNIB) berjalan lancar dan tidak ditemukan kecurangan. Ujian berlangsung sejak 17 Mei hingga 23 Mei untuk gelombang pertama dan 28 Mei hingga 31 Mei untuk gelombang kedua.

Rektor ketika meninjau pelaksanaan UTBK-SBMPTN di Fakultas Hukum. (foto:hms1)

“Masih ada ujian satu hari lagi untuk gelombang 2, kita harapkan dapat berjalan lancar juga tanpa kendala berarti dan tanpa kecurangan seperti hari-hari sebelumnya,” ujar Wakil Rektor UNIB Bidang Akademik Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, M.Si selaku Ketua Panitia Lokal SBMPTN UNIB tahun 2022, ketika rapat pimpinan dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) SBMPTN 2022 di gedung LPTIK UNIB, Senin (30/5/2022).

Sebelum menggelar rapat pimpinan terkait pelaksanaan UTBK-SBMPTN, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc didampingi para Wakil Rektor, para Dekan, Kepala Biro dan ketua-ketua lembaga selingkup UNIB terlebih dahulu melakukan peninjauan langsung ke beberapa ruangan dan gedung yang dijadikan lokasi UTBK.

Rektor ketika meninjau UTBK di gedung LPTIK UNIB. (foto:hms1)

Peninjauan langsung ini guna memastikan pelaksanaan UTBK-SBMPTN di UNIB berjalan lancar dan sesuai dengan petunjuk serta ketentuan yang ditetapkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Setelah dilakukan peninjauan, baik segi teknis pelaksanaan maupun sarana dan prasarana tidak ditemukan kendala yang berarti.

“Perlu kami sampaikan kepada Bu Rektor dan pimpinan lainnya, tahun ini UNIB mendapat respon baik dari panitia pusat (LTMPT) karena jumlah peserta UTBK mengalami peningkatan cukup signifikan yakni kurang lebih 500 orang dari tahun sebelumnya yang hanya 7.800 orang menjadi 8.308 orang. Dari segi penyelenggaraan, kita sudah sesuai dengan ketentuan yang ada dan sejauh ini tidak ada kendala berarti dan tidak ditemukan kecurangan,” ujar Koordinator Lapangan UTBK-SBMPTN UNIB, Dr. Hardiansyah, ST, MT.

Rapat pimpinan UNIB terkait pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2022. (foto:hms1)

Untuk mensukseskan kegiatan UTBK-SBMPTN 2022 ini, UNIB melibatkan 1800 orang baik dosen maupun tenaga kependidikan yang bertugas sebagai penanggungjawab lokasi, penanggungjawab ruang, pengawas, serta ditambah tenaga kesehatan dan lainnya.

Pelaksanaan UTBK tersebar di 10 lokasi, antara lain gedung LPTIK sebagai pusatnya, kemudian gedung laboratorium komputer Fakultas Teknik, Perpustakaan UNIB, Laboratorium Bahasa FKIP, Laboratorium Komputer FMIPA, ruang komputer Gedung S Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta ruang komputer Fakultas Hukum.

Foto bersama pimpinan UNIB di gedung LPTIK usai pelaksanaan peninjauan UTBK-SBMPTN. (foto:hms1)

Rektor memberikan apresiasi atas suksesnya pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 ini dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan seluruh pengawas yang telah melaksanakan tugas dengan baik.

“Keberhasilan ini harus kita pertahankan dan terus ditingkatkan pada masa mendatang. Kemudian, kita pun berharap calon mahasiswa baru yang nantinya diterima di UNIB adalah calon mahasiswa berkualitas yang ke depan mampu mengukir banyak prestasi sehingga mampu mendorong terwujudnya UNIB Unggul,” ujar Dr. Retno Agustina Ekaputri. [Penulis : Purna Herawan/Humas].