18 Perguruan Tinggi Meriahkan Rektor Cup UNIB

SALAM OLAH RAGA ! Sebanyak18 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan  Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Provinsi Bengkulu, dari Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera Utara maupun dari Jawa Barat ikut berpartisipasi memeriahkan perlombaan olah raga yang memperebutkan Piala Rektor atau Rektor Cup UNIB tahun 2022.

Para pimpinan UNIB sedang menyaksikan pertandingan Pencak Silat Rektor CUP UNIB 2022. (foto:hms1)

Rektor Cup UNIB Tingkat Nasional tahun 2022 telah dihelat sejak 25 Mei 2022 dan akan berakhir 15 Juni 2022. Perlombaan berbagai cabang olah raga ini sekaligus menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Ke-40 UNIB, dimana HUT UNIB sendiri diperingati pada tanggal 24 April setiap tahunnya (24 April 1982 – 24 April 2022).

Meskipun beberapa cabang olah raga telah diperlombakan sejak beberapa hari lalu, namun Kegiatan Rektor Cup UNIB Tingkat Nasional 2022 secara resmi dibuka tanggal 7 Juni 2022. Pembukaan dilakukan oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan, S.H, M.H.

Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan memukul dol sebagai simbolis pembukaan Rektor Cup UNIB Tingkat Nasional Tahun 2022.

Pembukaan acara berlangsung di GOR (Gedung Olah Raga) / Lapangan Indoor UNIB, ditandai dengan pemukulan dol (alat musik tradsional Bengkulu) secara simbolis oleh  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan, didampingi Ketua Panitia Kegiatan yang juga Plt. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIB Dr. Dian Pujianto, S.Pd.Jas, M.Or dan Kepala Biro Perencanaan, Pembelajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UNIB Ir. Titin Rahmawati, M.Si.

Acara pembukaan Kegiatan Rektor Cup UNIB Tingkat Nasional 2022 dimeriahkan oleh atraksi alat musik dol serta pagelaran tari persembahan sekapur sirih yang ditampilkan para mahasiswa dari sanggar seni PGSD (Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar) FKIP UNIB. Di sela-sela acara, juga dilakukan pengalungan medali dan pemberian hadiah kepada para atlet pemenang cabang olahraga yang selesai diperlombakan pada hari-hari sebelumnya. Pengalungan medali dan pemberian hadiah dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNIB dan para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dari berbagai fakultas selingkup UNIB.

Atraksi musik dol dan tari persembahan sekapur sirih yang ditampilan para mahasiswa PGSD UNIB ikut memeriahkan acara pembukaan Rektor Cup UNIB Tingkat Nasional 2022. (foto:hms1)

Ketua Panitia Kegiatan, Dr. Dian Pujianto, melaporkan ke 18 PTN dan PTS yang berpartisipasi pada ajang Rektor CUP UNIB Tingkat Nasional 2022 ini yaitu ; UNIB, Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Brawijawa Jawa Timur, Institut Pertanian Bogor Jawa Barat, Universitas Gunadarma DKI Jakarta, STAI Diniyah Pekanbaru Riau, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu, Universitas Dehasen Bengkulu, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH (UNIHAZ) Bengkulu, STIA Bengkulu, STIKES Sapta Bakti Bengkulu, Universitas Terbuka Bengkulu, IAIN Curup Rejang Lebong, Universitas Pat Petulai Curup Rejang Lebong, serta Politeknik Raflesia Curup Rejang Lebong.

Ketua Panitia Rektor CUP UNIB 2022, Dr. Dian Pujianto ketika menyampaikan laporan. (foto:hms1)

Kegiatan yang mengangkat tema “Merdeka Dalam Berprestasi” ini diikuti 356 orang atlet dan 123 official tim yang bersaing mengukir prestasi pada 11 cabang olah raga yang diperlombakan. Kesebelah cabang tersebut yaitu; Bola Volly, Sepak Takraw, Karate, Pencak Silat, Taekwondo, Tenis Lapangan, Bulu Tangkis, Bola Basket, Atletik yang terdiri dari Lari 100 Meter, Lempar Lembing, Tolak Peluru dan Lompat Jauh. Kemudian, juga diperlombakan olahraga Catur dan Futsal. Perlombaan-perlombaan tersebut dilaksanakan di tiga tempat yaitu Kampus UNIB Kandang Limun, GOR Pemuda dan Stadion Semarak Sawah Lebar.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pimpinan UNIB, kepada pimpinan PTN/PTS yang telah berpartisipasi, kepada para atlet dan official team, serta semua pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini. Tanpa bantuan berbagai pihak, kegiatan ini sulit terselenggara dengan baik,” ucap Dr. Dian Pujianto.

Sementara itu, Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan, Dr. Candra Irawan dalam sambutannya menjelaskan perlombaan berbagai cabang olah raga memperebutkan piala rektor atau Rektor Cup UNIB ini mulai tahun ini diselenggarakan secara nasional dengan melibatkan atlet-atlet dari perguruan tinggi negeri maupun swasta dari luar Provinsi Bengkulu selain perguruan tinggi yang ada di Bengkulu sendiri. Tujuannya, selain mengembangkan prestasi, juga memperluas pergaulan mahasiswa, yang pada akhirnya diharapkan menjadi wadah saling bertukar informasi dan pengetahuan serta saling bekerjasama untuk meraih kesuksesan khususnya di bidang olah raga.

Wakil Rektor III UNIB Dr. Candra Irawan ketika menyampaikan sambutan dan arahan. (foto:hms1)

“Mulai tahun ini dan seterusnya Rektor Cup UNIB kita selenggarakan secara nasional dan menjadi agenda rutin setiap tahun. Sebab, melalui perlombaan olah raga para atlet tidak hanya mengedepankan jiawa persaingan, spirit untuk menjadi juara, tapi juga menumbuhkan sportifitas, solidaritas, serta jiwa saling bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya meraih kesuksesan dalam hal ini mensukseskan dunia olah raga. Nilai-nilai ini harus dipupuk-kembangkan kepada para mahasiswa yang berjiwa merdeka untuk bekal hidupnya di masa akan datang,” ujarnya.

Wakil Rektor III UNIB dan Wakil Dekan III FH UNIB ketika melakukan pengalungan medali dan memberi hadiah kepada para atlet yang memenangkan perlombaan di Rektor CUP UNIB. (foto:hms1)

Pimpinan UNIB akan terus mendorong kegiatan-kegiatan olah raga di UNIB dalam upaya menumbuhkan kreativitas mahasiswa dan prestasi baik skala nasional maupun internasional. Secara nyata dorongan dan dukungan tersebut yaitu dengan mempersiapkan berbagai fasilitas, sarana prasarana pendukung seperti disediakannya lapangan indoor dan GOR Pemuda yang refresentatif serta memberikan bantuan dana stimulan kepada UKM-UKM bidang olah raga, memfasilitas pembinaan dan pemberangkatan atlet  serta menyelenggarakan event-event berskala regional maupun internasional.

“Seperti GOR/lapapangan indoor kita ini, mulai sekarang akan kita buka dan aktifkan untuk memfasilitasi kegiatan olah raga mahasiswa. Kita juga telah berkerjasama dengan KONI Provinsi Bengkulu untuk menjaring serta membina atlet-atlet berprestasi. Melalui event-event olah raga mahasiswa kita harapkan mampu berkontribusi dalam mewujudkan visi UNIB Unggul dan menjadi universitas berkelas internasional,” papar Dr. Candra Irawan.

Wakil Rektor III UNIB bersama Kepala Biro PPK serta para Wakil Dekan III selingkup UNIB berfoto bersama dengan para atlet yang meraih prestasi pada ajang Rektor Cup UNIB 2022. (foto:hms1)

Kepada para atlet yang sudah menyelesaikan perlombaan, Dr. Candra Irawan mengucapkan selamat bagi yang menang dan bagi yang kalah agar tidak berkecil hati karena masih banyak kesempatan untuk meraih prestasi pada event-event akan datang. Kepada para atlet yang akan berlomba pada beberapa hari kedepan, diucapkan selamat bertanding dan senantiasa menjaga sportifitas serta mengembangkan rasa persaudaraan antar sesama atlet. “Salam Olah Raga, Merdeka Berprestasi dan UNIB Unggul,” ucapnya seraya mengakhiri sambutan. [Penulis : Purna Herawan/Humas].