Bupati Seluma Teken MoU Dengan UNIB

PADA hari pertama sebagai hari kerja tahun 2023, Bupati Kabupaten Seluma Erwin Oktavian, SE berkunjung ke UNIB dan menandatangani nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc, di ruang rapat tiga gedung rektorat UNIB, Senin (2/1/2023).

Bupati Seluma dan rombongan ketika beraudiensi dengan Rektor UNIB di ruang kerjanya.(foto:hms1)

Ikut mendampingi Bupati Seluma pada kunjungan ke UNIB ini antara lain, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Seluma, Cahyo, S.T, M.Si, Asisten Bidang Pemerintahan H. Hendarsyah, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Almidian Saleh, serta Staf Khusus Bupati yaitu Mardiono, S.IP, Ricky, S.Ag, dan Arben Muktiar.

Rombongan disambut baik dan penuh rasa kekeluargaan oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc didampingi Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Yefriza, S.E, MPPM, Ph.D, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum, dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Irfan Gustian, S.Si, M.Si.

Foto bersama Bupati dan pejabat Seluma dengan Rektor dan Para Wakil Rektor UNIB. (foto:hms1)

Setelah beraudiensi lebih kurang setengah jam di ruang kerja Rektor, rombongan menuju ruang rapat tiga gedung rektorat UNIB untuk melaksanakan acara penandatanganan MoU antara Pemkab Seluma dengan UNIB. Tampak hadir di acara ini antara lain para Dekan dan Wakil Dekan selingkung UNIB, Kepala Biro USD dan Kepala Biro PPK, Ketua-Ketua Lembaga, serta Kepala unit-unit kerja selingkung UNIB lainnya.

Nota kesepahaman atau MoU yang diteken Bupati Seluma dan Rektor UNIB tersebut berisi kesepakatan kerjasama kedua belah pihak mencakup berbagai program pembangunan di Kabupaten Seluma yang relevan dengan bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai koor bisnis utama Universitas Bengkulu.

Acara penandatanganan MoU Pemkab Seluma dan UNIB di ruang rapat tiga rektorat UNIB. (foto:hms1)

Dalam sambutannya, Bupati Seluma Erwin Oktavian berharap dengan adanya MoU ini UNIB dapat membantu kemajuan pembangunan Kabupaten Seluma di berbagai sektor. Banyaknya tenaga-tenaga ahli dan sumberdaya manusia berkualitas yang dimiliki UNIB diharapkan dapat mengarahkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat ke wilayah Kabupaten Seluma, termasuk untuk program KKN mahasiswa diharapkan sebesar-besarnya dialokasikan penempatannya ke wilayah Seluma.

“Dengan adanya hasil-hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan ahli-ahli dari UNIB ke depan akan menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah untuk melaksanakan pembangunan yang lebih baik dan lebih terarah. Kemudian, dengan banyaknya mahasiswa KKN di Seluma misalnya, diharapkan terjadi transformasi ilmu pengetahuan dari mahasiswa ke masyarakat yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Seluma dan Rektor UNIB saling bertukar cinderamata. (foto:hms1)

Sementara Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bupati Seluma dan rombongan serta berharap MoU yang telah ditandatangani dapat ditindaklanjuti dengan program-program yang riil sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan mampu mendorong kemajuan pembangunan di Kabupaten Seluma.

MoU ini diibaratkan hanya sebagai payung hukum saja dari kerjasama-kerjasama yang akan dilaksanakan. Oleh sebab itu, MoU ini diharapkan dapat ditindaklanjuti dan diturunkan pada dinas dan instansi teknis yang ada di Kabupaten Seluma untuk berkoordinasi dan melaksanakan kerjasama program dengan lembaga-lembaga dan unit kerja yang ada di UNIB.

“Dari kerjasama itu nanti akan muncul kegiatan-kegiatan yang relevan dengan bidang masing-masing yang akan memberikan dampak positif pada kedua belah pihak dan diharapkan mampu berkontribusi bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Seluma,” tutur Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Foto Rektor dan para pejabat Pemkab Seluma dan Bupati Seluma dengan para pejabat UNIB.(foto:hms1)

Acara penandatanganan MoU ini diakhiri dengan saling bertukar cindera mata berupa plakat Kabupaten Seluma dan Plakat UNIB antara Bupati dan Rektor, lalu ditutup dengan sesi foto bersama. [Penulis/Editor:Purna Herawan/Humas].