Unib Gelar Upacara Peringatan Harla Pancasila

SEGENAP pimpinan, dosen, karyawan serta mahasiswa Universitas Bengkulu menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila, di lapangan halaman gedung rektorat, Sabtu (1/6/2024).

Peserta upacara melakukan penghormatan kepada Bendera Merah Putih.(foto:hms1)

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih ini dipimpin oleh Wakil Rektor I Unib Bidang Akademik, Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, M.T selaku Pembina Upacara, dan petugas upacara adalah para mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unib.

Jalannya upacara berlangsung tertib dan khidmad, serta diakhiri foto bersama oleh para pimpinan Unib dengan para petugas upacara sebagai bentuk apresiasi kepada para petugas yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Peserta upacara memberikan penghormatan kepada Pembina Upacara.(foto:hms1)

Pada bagian amanat Pembina Upacara, Wakil Rektor I Unib, Prof. Mochamad Lutfi Firdaus membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

Dijelaskan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.” Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Pembina Upacara membacakan Pancasila dan menyampaikan amanat.(foto:hms1)

Pembina Upacara mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Melalui peringatan Harla Pancasila, kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” ujar Prof. Mochamad Lutfi Firdaus. [Purna Herawan/Humas].

Foto bersama petugas upacara dengan para pimpinan Unib usai upacara Harla Pancasila.(hms1)