UPZ Unib Salurkan Bantuan Kepada Murid SD di Muara Bangkahulu

MEMASUKI tahun ajaran baru 2024/2025 ini, Unit Pengumpul Zakat Universitas Bengkulu (UPZ Unib) kembali menyalurkan bantuan perlengkapan sekolah kepada ratusan murid Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Muara Bangkahulu, Sabtu (20/7/2024).

Dosen dan mahasiswa petugas UPZ Unib foto bersama sebelum menyalurkan bantuan.(foto:ist)

Barang bantuan yang dibagikan berupa seperangkat ATK (Alat Tulis dan Kertas), tas sekolah, serta baju kaos. Barang-barang ini diadakan oleh UPZ Unib menggunakan dana ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) dari para muzzaki, yaitu para dosen dan karyawan selingkung Unib.

Kegiatan penyaluran bantuan peralatan sekolah ini dikoordinir oleh Bambang Sumantri selaku Koordinator Bantuan Beasiswa di UPZ Unib. Agar efektif dan efisien, penyaluran bantuan dilakukan lima kelompok yang masing-masing anggota kelompok adalah dosen dan mahasiswa.

Penyaluran bantuan kepada para murid SD oleh Koordinator Beasiswa UPZ Unib.(foto:ist)

Kelima kelompok tersebut menyerahkan bantuan di 10 titik lokasi dalam wilayah Kecamatan Muara Bangkahulu, dengan jumlah murid penerima bantuan bervariasi.

Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) No. 71 ada 35 murid penerima. Kemudian, di SDN 103 sebanyak 25 penerima, SDN 88 sebanyak 25 penerima, SDN 86 sebanyak 34 penerima, dan SDN 72 sebanyak 40 murid penerima.

Penyaluran bantuan UPZ Unib kepada murid-murid di SDN 103 Kota Bengkulu.(foto:ist)

Selanjutnya, di SDN 89 ada 24 penerima, SDN 68 sebanyak 33 penerima, SDN 85 sebanyak 35 penerima, SDN 69 sebanyak 29 penerima, dan MIM Kandang Limun sebanyak 40 murid penerima manfaat.

Para murid penerima bantuan tidak hanya murid yang baru duduk di kelas 1, tapi juga murid-murid dari kelas 2 hingga kelas 6. Mereka diseleksi oleh pihak sekolah sebagai pihak yang dianggap layak menerima bantuan.

Foto bersama dengan guru dan para murid usai penyaluran bantuan UPZ Unib.(foto:ist)

Kehadiran Tim UPZ Unib yang membawa bantuan ke sekolah tidak hanya disambut antusias oleh para murid penerima manfaat, tapi juga disambut hangat oleh kepala sekolah dan dewan guru.

“Saya mewakili seluruh guru beserta staff di SDN 71 mengucapkan terima kasih kepada UPZ Unib karna telah membantu anak-anak kami secara rutin melalui program bantuan beasiswa ini. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kami yang saat ini telah memasuki tahun ajaran baru. Semoga dengan bantuan ini anak-anak kami semakin termotivasi untuk lebih giat belajar,” ujar Kepala Sekolah SDN 71 Kota Bengkulu.

Penyaluran bantuan oleh UPZ Unib di 10 titik lokasi SD se Kecamatan Muara Bangkahulu.(foto:ist)

Bambang Sumantri selaku Koordinator Bantuan Beasiswa UPZ Unib mengucapkan terimakasih kepada muzzaki, para dosen dan karyawan selingung Unib yang telah menyetorkan ZIS nya kepada UPZ Unib.

“UPZ Unib akan terus berupaya meningkatkan jumlah ZIS yang disetorkan agar ke depan jumlah bantuan dan jumlah masyarakat penerima manfaat lebih banyak lagi, khususnya masyarakat Kota Bengkulu yang berdomisili di dekat kampus Unib dan sekitarnya,” ujarnya.[Rilis UPZ. Editor : Purna Herawan/Humas].

Murid-murid tampak antusias, riang dan gembira, menerima bantuan dari UPZ Unib.(foto:ist)