Pelatihan Terpadu GKN Diikuti Ribuan Peserta

KEMENTERIAN Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Universitas Bengkulu, Senin (13/5) menggelar Pelatihan Terpadu Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN). Kegiatan yang dihelat di Gedung Serba Guna (GSG) Unib tersebut diikuti ribuan peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa PTN dan swasta, pelajar SMA/SMK dan unsur pemuda potensial se Kota Bengkulu.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik sekaligus Plt. Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Bengkulu, Dr. Ir. H. Fahrurrozi, M.Sc. Dan sebagai pembicara, panitia menghadirkan orang-orang yang kompeten di bidangnya, yaitu Motivator tingkat nasional Muhammad Mansur, Dosen Fakultas Ekonomi Unib Dr. Drs. Syaiful Anwar. AB. SU, dan Pengusaha Sukses Owner Surya Bakery H. Mujadi.

Pembantu Rektor Unib Dr. Fahrurrozi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Gerakan Kewirausahaan Nasional yang digaungkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Ia juga menyambut baik kegiatan pelatihan kewirausahaan terpadu yang diikuti ribuan mahasiswa, pelajar dan masyarakat Bengkulu ini.

“Dengan kegiatan seperti ini diharapkan dapat menambah pengalaman dan pengayaan ilmu pengetahuan, serta memberikan motivasi bagi mahasiswa, pelajar dan para generasi muda umumnya untuk merubah pola pikir sehingga mau menjadi wirausahawan yang sukses dan handal,” ujarnya.

Kemudian kata Dr. Fahrurrozi, diharapkan dengan kegiatan ini maksud dan tujuan program Kementerian Koperasi dan UKM untuk menjadikan mahasiswa dan pemuda potensial menjadi bagian integral peningkatan perekonomian nasional dapat terwujud sebagaimana mestinya.

Sementara itu H. Mujadi dalam presentasinya lebih banyak berbagi tips bagaimana menjadi seorang pengusaha. Dalam makalah yang berjudul “Jalan Menuju Sukses” H. Mujadi lebih banyak menceritakaan pengalaman pribadi dan apa-apa saja yang dilakukannya sehingga bisa sukses menekuni dunia kewirausahaan.

Dr. Syaiful Anwar pada kesempatan tersebut lebih banyak menjelaskan secara teoritis tentang dunia kewirausahaan, dan Muhammad Mansur dalam makalah yang di bagikan ke peserta lebih banyak memberikan motivasi dan mengurai berbagai prinsip kesuksesan.

Kata Bung Mansur, bila Anda ingin mengubah sebuah aspek kehidupan Anda, ada empat prinsip kesuksesan yang tidak hanya akan membawa perubahan yang Anda inginkan, tapi juga membuat perubahan tersebut dapat bertahan lama.

“Keempat prinsip tersebut yaitu, tingkatkan standar Anda, rubah kepercayaan yang menghambat, tingkatkan intensitas emosi Anda, dan berikan jauh lebih banyak dari yang Anda harapkan untuk Anda terima,” ujarnya.[hms1]