BKKBN dan UNIB Bersinergi Tingkatkan Pembangunan Kependudukan

BADAN Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Bengkulu melakukan berbagai kerjasama dengan Universitas Bengkulu untuk bersinergi meningkatkan pembangunan sektor kependudukan.

Hal ini diungkapkan Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu, Bismar Edisyaf, SP, MM, ketika menggelar open forum dan kuliah umum tentang kependudukan serta penandatanganan nota kesepahaman kerjasama dengan Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Selasa (24/9/2019), di ruang rapat utama rektorat UNIB.

“Pembangunan sektor kependudukan sangat strategis dan membutuhkan peran serta semua pihak. Karena itu, kita perlu meningkatkan sinergi dan melakukan banyak kerjasama sehingga program-program yang akan dilaksanakan berjalan baik sesuai harapan,” ujarnya.

Dijelaskan Bismar, kerjasama yang telah dan akan dilakukan BkkbN dengan UNIB antara lain seminar, kuliah umum, workshop dan penyuluhan kepada masyarakat. Kemudian, bersinergi meningkatkan program Kampung KB yang berjumlah 250-an Kampung KB se Provinsi Bengkulu, baik melalui program KKN Tematik UNIB maupun kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lainnya.

“Program Kampung KB dilaksanakan di desa-desa terpencil, tertinggal dan terluar. Saat ini, sudah 250-an Kampung KB dibentuk di Provinsi Bengkulu. Nanti, kita bersinergi agar Program KKN Tematik UNIB dilaksanakan di Kampung KB tersebut. Dengan demikian, diharapkan mendongkrak kesejahteraan masyarakat,” tutur Bismar.

Berikutnya kata Bismar, BkkbN akan berkerjasama dengan UPT Perpustakaan UNIB untuk membuat Pojok atau Ruang Pustaka di gedung Perpustakaan UNIB. Pojok BkkbN ini akan menyediakan bahan bacaan dan data-data kependudukan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan kegiatan akademik serta melaksanakan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Hari ini disaksikan Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN Pusat, kita tandatangan MoU lagi dan melakukan peresmian Pojok atau Ruang Pustakan BkkbN di Perpustakaan UNIB. Kita berharap kerjasama ini dapat saling memberikan manfaat dan berkontribusi besar bagi pembangunan kependudukan di Provinsi Bengkulu,” ucap Bismar.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc menyambut baik peningkatan kerjasama UNIB dan BkkbN ini dan berharap program-program yang sudah ada lebih ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya.

“Pembangunan sektor kependudukan memiliki peran strategis dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Karena itu, kami menyambut baik kerjasama ini dan dengan sumber daya manusia yang dimiliki, UNIB siap berkontribusi mendorong pembangunan kependudukan di Bengkulu,” ujarnya. [Hms1].