225 Mahasiswa FH UNIB Magang ke Jakarta

SEBANYAK 225 orang mahasiswa Fakultas Hukum UNIB telah sukses melaksanakan Magang Kerja Institusional (MKI) di Jakarta selama 7 hari, mulai tanggal 20 hingga 25 Oktober 2019 lalu. Kegiatan ini dipimpin Ketua Laboratorium Hukum, M. Yamani, SH, M.Hum dan menyertakan 8 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Kegiatan magang dilaksanakan dengan cara mengunjungi sejumlah kantor lembaga negara dan berdialog dengan pimpinan lembaga terkait tentang berbagai hal yang relevan dengan mata kuliah di Fakultas Hukum.

Yamani menjelaskan, kegiatan magang merupakan mata kuliah pilihan wajib berbobot 2 SKS, yang harus dilaksanakan setiap mahasiswa sesuai kurikulum yang diterapkan FH UNIB. Magang Kerja Institusional (MKI) adalah salah satu dari tiga jenis magang yang dipilih mahasiswa.

Jumlah peserta MKI tahun 2019 sebanyak 225 orang, dengan rincian dari Program Reguler 190 mahasiswa dan Program Non Reguler 35 mahasiswa.

Instansi dan lembaga negara yang dikunjungi pada MKI tahun 2019 ini yaitu Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Berikutnya, peserta MKI mengunjungi Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kejaksaan Agung RI, serta berkunjung ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kunjungan ratusan mahasiswa UNIB ini mendapat apresiasi dan disambut baik oleh pimpinan lembaga/instansi terkait. Sebab dengan kegiatan ini, selain untuk menambah pengetahuan mahasiswa di satu sisi, di sisi lain menjadi wadah sosialisasi tentang kelembagaan dan program kerja bagi instansi terkait.

“Dengan kegiatan ini peserta mendapat pengalaman dan pengetahuan prosedur pelayanan secara formal dan dasar-dasar yuridis yang menjadi pijakan untuk melaksanakan aktivitas suatu instansi. Disamping untuk lebih mengenal instansi yang menangani masalah-masalah tertentu secara berjenjang dari unit terbawah hingga unit tertinggi,” ujar M. Yamani.

Pengalaman yang diperoleh mahasiswa itu nanti tambah M. Yamani, diharapkan dapat memberikan kemampuan bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan tempat magang dan dengan team work. Juga diharapkan mampu menambah reperensi bagi mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir/skripsi.[Hms1].