BADAN Usaha Milik Negara (BUMN) PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bengkulu menggelar kegiatan PLN Goes To Campus di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB, Jumat (29/9/2023).
Kegiatan dengan sub tema “Semua Makin Mudah Dengan PLN Mobile” ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum dan dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas selingkung UNIB.
Tampak hadir juga Kepala Biro Perencanaan, Pembelajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UNIB Ir. Titin Rahmawati, M.Si, Koordinator pada Bagian Kemahasiswaan Soffiyeti Ernaini, S.H, serta Sub Koordinator pada Sub Bagian Minat, Penalaran dan Informasi Kemahasiswaan Suyanto, S.H.
Dalam sambutannya, Prof. Candra Irawan memberikan apresiasi kepada PT. PLN (Persero) yang saat ini telah menduduki posisi ke 2 (kedua) sebagai BUMN Terbesar di Indonesia dan telah banyak melakukan inovasi berbasis teknologi informasi dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat, seperti penggunaan aplikasi PLN Mobile.
Prof. Candra Irawan juga mengucapkan terimakasih kepada PT. PLN (Persero) UP3 Bengkulu yang telah melaksanakan kegiatan PLN Goes To Campus di UNIB yang merupakan salah satu bukti bahwa kolaborasi dan sinergi antara kedua instansi terus terjaga dan ditingkatkan.
“Semoga dengan kegiatan ini berbagai informasi terkait perkembangan terbaru, inovasi dan lain sebagainya yang dilakukan PT. PLN dapat disampaikan kepada para mahasiswa dan para mahasiswa sebagai agent of change dapat membantu penyebarluasan informasi tersebut kepada masyarakat yang lebih luas,” ujarnya, seraya berharap ke depan kerjasama UNIB dengan PT. PLN dapat lebih ditingkatkan seperti memfasilitasi program MBKM dan pemberian beasiswa.
Sementara itu, manajemen PT. PLN (Persero) UP3 Bengkulu yang diwakili Manajer Umum dan Keuangan, Panji Alam Asman, mengatakan, pada kegiatan PLN Goes To Campus kali ini pihaknya mensosialisasikan dan mengajak seluruh mahasiswa UNIB dan masyarakat Bengkulu umumnya untuk familiar dengan pemanfaatan PLN Mobile.
Dijelaskannya, PLN Mobile merupakan aplikasi yang saat ini telah banyak digunakan oleh pelanggan PLN. Melalui PLN Mobile, pelanggan lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan dari PLN seperti penyambungan baru, ubah daya, migrasi, catat meter secara mandiri dan juga pengaduan saat terjadi gangguan.
Saat ini pengguna aplikasi PLN Mobile yaitu Iconnet, tidak hanya dari kalangan pekerja, pengusaha atau rumah tangga saja, tetapi sudah mulai diminati oleh generasi millennial dan juga generasi Z seperti kalangan mahasiswa.
“Dengan dilaksanakannya kegiatan edukasi hari ini, kami berharap agar pengguna PLN Mobile di Provinsi Bengkulu semakin bertambah dan para mahasiswa UNIB bisa menjadi agent PLN Mobile minimal untuk keluarga dan lingkungan sekitarnya,” ujar Panji Alam Asman.
Selain itu tambah Panji Alam, pada kegiatan ini juga dilakukan edukasi bahaya dan keselamatan ketenagalistrikan. Dengan memahami potensi bahaya listrik, baik pada instalasi pelanggan maupun potensi bahaya pada jaringan listrik milik PLN, diharapkan masyarakat mulai dari kalangan mahasiswa dapat lebih berhati-hati dan selalu waspada serta dapat melakukan upaya-upaya pencegahan jika menemukan hal-hal yang membahayakan.
“Kita tahu bahwa sudah banyak kecelakaan disebabkan kelistrikan. Dengan adanya edukasi ini, diharapkan rekan-rekan mahasiswa dapat menjadi agent penyebarluasan informasi kepada masyarakat tentang bagaimana penggunaan listrik yang aman dan nyaman serta mampu mencegah jika menemukan indikasi yang membahayakan,” tukasnya, seraya mengajak para mahasiswa bersemangat mengikuti edukasi ini karena bagi yang serius akan diberikan hadiah doorprize.
Pembukaan kegiatan PLN Goes To Campus diakhiri dengan pertukaran cindera mata antara PT. PLN (Perseor) UP3 Bengkulu dengan pimpinan UNIB dan ditutup dengan sesi foto bersama.[Penulis : Purna Herawan/Humas].